Cek resi JNE Otomatis

 

Cara Mengirim Barang Lewat Kapal Laut Panduan Lengkap

Cara Mengirim Barang Lewat Kapal Laut Panduan Lengkap – Ada 3 pilihan cara pengiriman barang yang biasa digunakan, yaitu melalui darat, udara, dan laut. Setiap pilihan memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing.

Jika kita membutuhkan jasa pengiriman barang yang efisien untuk mengangkut barang dalam jumlah besar, maka pengiriman barang lewat kapal laut atau cargo laut adalah pilihan terbaik.

Cara pengiriman barang lewat kapal laut ini juga cenderung lebih murah dibandingkan udara. Namun, mungkin kita masih bingung bagaimana cara mengirimkan barang lewat kapal laut karena baru pertama kali mencoba? Maka, simak panduan lengkap cara mengirimkan barang lewat kapal laut untuk pemula di bawah ini:

Advertisements

Cara mengirimkan barang lewat kapal laut yang pertama adalah persiapkan barang yang akan dikirim sebaik-baiknya. Jauh lebih baik apabila kita tidak mengirimkan barang – barang yang berbahaya, seperti cairan yang mudah terbakar.

Kita juga harus mengemas barang yang akan kita kirim sebaik mungkin, untuk menghindari kerusakan selama perjalanan.

Cara Mengirim Barang Lewat Kapal Laut Panduan Lengkap

Cara Mengirim Barang Lewat Kapal Laut Panduan Lengkap

Cara mengirimkan barang lewat kapal laut selanjutnya yaitu mencari penyedia jasa pengiriman barang. Sudah banyak penyedia jasa pengiriman barang dengan kapal laut. Maka kita harus lebih berhati – hati dalam mencari penyedia pengiriman barang yang sesuai kebutuhan kita.

Cari informasi cara mengirimkan barang lewat kapal laut pada masing – masing penyedia jasa secara detail baik mengenai fasilitas yang ditawarkan, harga, dan waktu pengiriman.

Advertisement

Waktu pengiriman barang dengan kapal ini cenderung lebih lama jika dibandingkan dengan pengiriman melalui udara. Hal ini berhubungan dengan cuaca, keadaan ombak dan gelombang di lautan.

Tidak kalah penting adalah kita juga harus memperhatikan perihal keamanan barang yang akan kita kirimkan. Jangan lupa untuk mencari informasi mengenai track record penyedia jasa pengiriman barang tersebut.

Cara mengirimkan barang lewat kapal laut selanjutnya, jika telah ada referensi penyedia jasa pengiriman barang, maka kita dapat segera datangi penyedia jasa tersebut.

Hal pertama yang akan dilakukan adalah menghitung berat barang karena berkaitan dengan harga. Terdapat dua cara penghitungan berat barang yang dikenal luas, yaitu:

Berat sesungguhnya (berat aktual)

Berat barang sesungguhnya ini didapatkan dari hasil penimbangan. Indonesia biasanya menggunakan satuan kilogram.

Berat volume

Berat volume didapat dari hasil perhitungan menggunakan ukuran volume barang yang akan kita kirim. Biasanya penghitungan berat ini digunakan jika berat aktual ringan tetapi memakan tempat (volume). Perhitungan berat volume untuk barang yang dikirimkan melalui cargo laut adalah :

Panjang (cm) X Lebar (cm) X Tinggi (cm) : 1.000.000 = M3 (kubikasi)

Pihak penyedia jasa pengiriman barang akan membandingkan penghitungan berat barang sesungguhnya dengan perhitungan berat volume. Berat yang menjadi acuan tarif adalah berat yang lebih besar.

Jika, berat sesungguhnya lebih besar daripada berat volume maka berat sesungguhnya yang akan menjadi acuan tarif pengiriman barang, begitu juga sebaliknya.

Setelah itu kita dapat menentukan paket pengiriman, apakah 1 kontainer untuk barang kita semua atau tidak. Bayar, kemudian serahkan sisanya pada penyedia jasa pengiriman barang.

Jadi, bagaimana para pemula? Cara mengirim barang lewat kapal laut ini apakah dapat menjadi solusi kebingungan Anda?sekian semoga bisa berguna dan membantu anda di rumah jika ingin kirim paket via kapal laut secara mudah..Baca juga

Advertisements